RM dan J-Hope Dipromosikan Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea

Rabu, 22 Januari 2020 - 19:30 WIB
RM dan J-Hope Dipromosikan Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea
RM dan J-Hope Dipromosikan Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea
A A A
SEOUL - Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) mengumumkan para penulis lagu yang telah dipromosikan menjadi anggota tahun ini.

KOMCA merupakan organisasi kolektif hak cipta nirlaba yang bertujuan meningkatkan budaya musik di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual dari pemegang hak cipta, sekaligus memastikan kemudahan penggunaan untuk para pendengar musik Korea.

Dilansir dari laman Soompi.com, organisasi yang didirikan pada 1964 itu memiliki database karya berhak cipta dan pemegang kekayaan intelektual. Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai anggota junior, lalu dewan direksi memilih hanya 25 anggota junior setiap tahun untuk dipromosikan menjadi anggota tetap.

Persyaratan untuk menyandang status anggota tetap antara lain mempertahankan keanggotaan KOMCA junior selama tiga tahun atau lebih, menerima sejumlah royalti dari properti hak cipta mereka setiap tahun, dan dipilih oleh dewan direksi. Menjadi anggota tetap KOMCA membuat seorang seniman memiliki hak untuk memberikan suara pada pertemuan umum organisasi.

Adapun musisi yang dipromosikan menjadi anggota tetap pada 2020 di antaranya RM dan J-Hope BTS, Jung Key, San E, Paul Kim, Jay Park, Sam Lewis, Supreme Boi, MC Sniper, GRVVITY, Angela Kim, dan Seo Ji Eum.

Untuk tahun lalu anggota junior yang dipromosikan antara lain Zico, BI, dan Woozi SEVENTEEN.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6405 seconds (0.1#10.140)